Palm Vietnam Travel

Liburan hemat ke Vietnam, Laos, Kamboja dan Myanmar

Anda memimpikan liburan sempurna?

Ciptakan perjalanan!Kode Kupon

Hari ini, Diskon 5% Semua paket!

Panduan Wisata Kamboja

Panduan Mini Wisata ke Kamboja

Kamboja adalah salah satu destinasi wisata paling menarik di Asia Tenggara. Meskipun Kamboja terlihat tidak modern, kuno, miskin, tapi anda akan melihat hal-hal yang menakjubkan di Kamboja, misalnya penduduk lokal yang cukup ramah, tempat wisata yang kaya akan nilai-nilai sejarah, makanan yang cukup lezat menurut banyak wisatawan mancanegara, pantai yang indah, kehidupan malam yang meriah, dll. Kamboja adalah negara yang masih berusaha untuk bangkit menjadi negara yang makmur, meskipun masih ada penduduk/masyarakat yang mempunyai penghasilan di bawah 1 usd per hari. Pembangunan di Kamboja sangat lambat karena banyaknya pejabat korup, mungkin saja lebih banyak dari pada pejabat yang korup di Indonesia. Meskipun demikian anda pasti akan sangat terkesan saat berwisata ke Kamboja, juga anda tidak memerlukan visa untuk berwisata ke Kamboja. Untuk itu kami menyajikan panduan wisata Kamboja paling hemat, sehingga bisa mencegah dompet anda robek, karena tidak mempunyai perencanaan yang matang saat berlibur ke Kamboja.

 

Wisata ke Kamboja

Wisata ke Kamboja

 

Kapan Sebaiknya Berlibur ke Kamboja?
Tentunya anda memerlukan informasi panduan wisata Kamboja mengenai cuaca/ikllim. Kamboja mempunya 2 musim, sama seperti di Indonesia, tapi kedua musim dipengaruhi oleh angin Monsoon. Saat bulan November angin monsoon berhembus ke arah laut/pantai, cuaca akan menjadi dingin dan kering, dan ini akan berlangsung sampai bulan Februari, dengan tingkat suhu udara anatara 18o C - 270 C. Bulan Desember - Januari adalah suhu yang sangat dingin. Dan bulan Maret - April suhu akan berubah menjadi sekitar 350 C atau lebih panas karena angin monsoon berhembus dari teluk Thailand, dan juga ini mengawali musim hujan. Meskipun hujan tapi kelembaban udara cukup tinggi dengan suhu udara antara 270 C - 350 C. Jadi bisa di bilang kelembaban udara di Phnom Penh selalu cukup tinggi (sangat lembab). Saat ini karena teknologi perubahan iklim yang dilakukan pemerintah, terkadang di kamboja turun hujan meskipun seharusnya musim panas/kering. Jadi saat berlibur ke Kamboja sebaiknya anda membawa payung atau jas hujan dan sandal.

Jika anda ingin berlibur ke Kamboja pertengahan bulan April (tanggal 13 - 14 April), sebaiknya anda booking kamar hotel atau tiket pesawat jauh-jauh hari, karena tanggal 13-14 April adalah tahun baru Kamboja atau bahasa Kambojanya “Chaul Chnam Thmey“. begitu juga jika ingin berlibur ke Kamboja bulan November, karena ada festival air.

 

Bagaimana Cara Sampai di Kamboja?
Berikut panduan wisata Kamboja mengenai transportasi udara alias pesawat. Kamboja mempunyai 2 airport internasional yaitu di Phnom Phen dan Siem Reap. Penerbangan langsung menghubungkan bandara internasional Phnom Penh dengan Cina daratan (Beijing, Guangzhou, Shanghai), Hong Kong, Laos (Vientiane), Malaysia (Kuala Lumpur), Singapura, Korea Selatan (Incheon), Taiwan (Taipei), Thailand (Bangkok) dan Vietnam (Ho Chi Minh). Sedangkan penerbangan langsung menghubungkan Siem Reap - Bandara Internasional Angkor dengan Cina daratan (Beijing, Guangzhou, Shanghai), Laos (Pakse, Vientiane), Malaysia (Kuala Lumpur), Singapura, Korea Selatan (Incheon, Busan), Thailand (Bangkok) dan Vietnam (Hanoi, Ho Chi Minh).

Wisatawan terutama yang akan melihat reruntuhan candi Angkor Wat mungkin lebih memilih untuk menggunakan airport di Siem Reap karena letaknya tidak jauh dari airport. Namun karena Bangkok Airways memonopoli jalur lintas udara Bangkok ke Siem Reap, maka tiket pesawat jadi lebih mahal. Akan jauh lebih murah jika ke Phnom Penh lalu naik bus dari Phnom Phen ke Siem Reap, atau bisa juga naik bus malam dari dari Bangkok, atau juga jika anda dari Ho Chi Mhin city bisa naik bus malam ke Phnom Penh atau Siem Reap.

Untuk kita orang Indonesia, cara yang paling murah adalah naik pesawat Airasia ke Kuala Lumpur atau ke Bangkok, kemudian dari Kuala Lumpur atau Bangkok ke Phnom Penh dan dari Kuala Lumpur ada juga yang langsung ke Siem Reap. Atau naik Aisasia dari Kuala Lumpur ke Ho Chi Mhin City, kemudian naik bus malam dari Ho Chi Mhin City ke Phnom Penh atau Siem Reap, karena biasanya harga tiket pesawat Airasia dari Kuala Lumpur ke Ho Chi Mhin City - Vietnam selalu promo. Tiger Airways saat ini memiliki penerbangan langsung setiap hari dari Singapura ke Phnom Penh, sementara Jetstar Asia telah mempunyai jalur terbang dari Singapura ke Siem Reap dan Phnom Penh. Jika anda ingin hunting tiket pesawat murah, sebaiknya gunakan aplikasi website Skyscanner karena anda bisa mencari tiket pesawat dengan opsi multy city.

 

Berapa Biaya Yang Dibutuhkan Saat Berlibur di Kamboja? 
1 USD = 4.050 KHR (Khmer/Cambodian Riel)
1 KHR = 3.41 IDR

Sebaiknya saat berlibur ke Kamboja anda membawa mata uang usd/dolar amerika, karena rate currency usd cukup tinggi di Kamboja dan sangat mudah menukarkannya. Berikut panduan wisata Kamboja untuk biaya hidup.

Kamar Hotel atau Hostel
Harga kamar dorm (1 kamar ada banyak bed/tempat tidurnya) di hostel atau guest house mulai sekitar 18,000-30,000 KHR atau sekitar Rp 50.000 - Rp 150.000, dan kamar sekitar untuk 25.000-40.000 KHR per malam. Dan anda bisa mendapatkan hotel yang nyaman untuk 60,000-80,000 KHR dengan fasilitas AC, televisi, dan fasilitas lainnya. Jika ingin hotel yang lebih bagus dan nyaman harganya mulai 100.000 KHR atau Rp 350.000. Jika anda ingin book atau check harga kamar hotel atau hostel di Kamboja (Phnom Penh, Siem Reap, Sihanoukville, dll) cukup klik link Hotel di Kamboja ini.

Harga Makanan
Harga makanan cukup murah di Kamboja, makanan di pinggir jalan harganya sekitar Rp 10.000 - Rp 25.000 per porsi. Dan harga makanan di restoran yang cukup bagus hanya sekitar Rp 35.000 - Rp 75.000 per porsi. Harga makanan menu western/bule di restoran cukup mewah sekitar Rp 50.000 - Rp 150.000 per porsi. Di Kamboja tidak sulit menemukan makanan halal, silahkan tanya resepsionis hotel atau driver tuk-tuk, pasti mereka akan memberitahukan kepada anda.

Transportasi Dalam Kota
Biaya transportasi di Kamboja cukup murah, ongkos bus antar provinsi saja sekitar 40.000 - 50.000 KHR atau sekitar Rp 150.000. Sewa mobil dengan supir sekitar Rp 300.000 - Rp 500.000 per hari tergantung jenis dan kondisi mobil. Cukup tanya resepsionis hotel atau mungkin anda bisa menemukannya disekitar hotel anda. Alternatif lain naik tuk-tuk (seperti delman/sado tapi pakai sepeda motor), harganya lebih murah di banding sewa mobil. Dari bandara Siam Reap ke kota/hotel naik sepeda motor/ojek 2 usd, naik taxi bandara usd 7, naik tuk-tuk usd 7, naik van usd 10, naik bus usd 4-11 (tergantung jenis bus). Kalau anda solo backpacker tentunya naik sepeda motor lebih murah hanya usd 2, beli tiketnya di counter taxi di bandara, dan minta tukang ojeknya/driver untuk meletakkan ransel anda di bagian depan. Dari airport Phnom Penh ke kota/hotel naik taxi usd 9 - 11 (tergantung area hotel anda), naik tuk-tuk usd 6 - 7 (tergantung area hotel anda), naik sepeda motor/ojek usd 2 (tapi ojek adanya di luar airport, jadi anda harus keluar dulu). Untuk transportasi dari hotel ke tempat wisata anda bisa menggunakan: bus, ojek, taxi, tuk-tuk, sewa mobil, atau membeli 1 day tour/trip di hotel tempat anda menginap atau travel agent. Kami punya kenalan tuk-tuk di Siem Reap nama profil di FB Haty Ly dia bisa bahasa Melayu, harganya USD 15 per hari, bisa di hubungi di chat FB atau WA: +85598801787 atau phone: 017766355, saat di hubungi akan datang ke hotel anda.

Biaya Untuk Aktifitas Wisata
Ongkos atau harga untuk aktifitas wisata di Kamboja bervariasi, mulai dari yang gratis sampai cukup mahal. Umumnya semua wisatawan berencana pergi ke Angkor Wat, harga tiket masuknya cukup mahal sekitar 80.000 KHR atau Rp 275.000 atau usd 20 untuk 1 hari penuh + biaya transportasi menuju Angkor Wat. Aktifitas wisata lainnya, biaya tiket masuk yang di antara 40,000-80,000 KHR tergantung durasi waktu dan tingkat populer aktifitasnya.

Harga Minuman Beralkohol
Harga minuman beralkohol cukup mahal di Kamboja, tidak seperti harga makanannya. Jika anda suka hiburan malam, dan dana anda terbatas, sebaiknya anda harus sedikit berhati-hati, jangan sampai anda kehabisan duit, sehingga mengganggu aktifitas wisata anda.

Internet/Simcard
Anda bisa beli simcard di airport, konter provider telephone bisa anda temui di area pintu keluar. Biasanya mereka hanya minta copy pasport, dan nomor telefone bisa langsung aktif. Operator yang mempunyai jaringan (coverage) luas diantaranya Mobitel Cellcard dan Beeline. Harga simcard kalau beli di konter resmi provider sekitar usd 2, kalau ingin beli paket data harganya biasanya usd 5 untuk 3,5 gigabyte paket data. Minta mereka untuk mengkaktifkan paket datanya atau bisa tekan *8181#3#2# dari HP anda. Biasanya Hp anda langsung bisa digunakan untuk koneksi internet, kalau HP anda menbutuhkan setting apn, berikut setting apn untuk mobitel cellcard; apn: cellcard, username: mobitel, pasword: mobitel. Saat booking kamar hotel, pilihlah hotel yang menyediakan fasilitas wifi gratis, jadi sendainya anda tidak ingin membeli simcard, anda masih bisa berhubungan dengan keluarga atau teman anda melalui sosial media.

 

Tempat Wisata di Kamboja Yang Harus Anda Kunjungi
Tak lengkap rasanya menyajikan informasi panduan wisata Kamboja paling hemat tanpa menginformasikan tempat wisata di Kamboja yang paling terkenal.

Angkor Wat
Angkor Wat adalah salah satu destinasi utama dari panduan wisata Kamboja, karena kompleks candi besar ini adalah alasan sebagian besar orang berwisata ke Kamboja. Untuk mengeksplorasi reruntuhan candi besar Angkor Wat anda akan memerlukan waktu beberapa hari, karena Angkor Wat sangat luas, yaitu sekitar 162,6 hektar (1.626.000 meter2). Jam operasi angkor Wat mulai dari 08.30 - 18.00, sebaiknya berangkat pagi hari apalagi kalau ingin memoto sunrise di Angkor Wat, juga kalau siang akan panas sekali. Berpakaian sopan, bawa cream sunblock, topi, kacamata, makanan ringan, dan air mineral. Ada beberapa pilihan transportasi dari Siem Reap (hotel tempat anda menginap) ke Angkor Wat, yaitu:

• Ojek, jika anda sendiri mungkin sewa ojek (motorbike taxi) adalah pilihan tepat, biayanya sekitar usd 8 - 10 per hari.
• Tuk-Tuk, kalau anda berdua lebih baik menggunakan tuk-tuk, harga sewa per hari usd 15, dan juga supir tuk-tuk bisa anda jadikan pemandu gratis, tapi di dalam komplek Angkor Wat kalau ingin menggunakan pemandu harus membayar pemandu resmi biayanya sekitar usd 30 per hari, mahal sekali.
• Sewa mobil, kalau lebih dari 2 orang, biayanya sekitar usd 20 - usd 35 per hari tergantung jenis mobil.

Jika sebagian besar wisatawan berkunjung hanya untuk melihat situs UNESCO reruntuhan candi besar Angkor Wat ini, seharusnya anda melakukan eksplorasi lebih lengkap atau lebih detail sehingga perjalanan wisata anda lebih sempurna dengan memeriksa situs tempat lokasi film Tomb Raider ini, tentunya ini memerlukan waktu beberapa hari.

Tonle Sap Lake (Floating Village)
Rekomendasi panduan wisata Kamboja keempat adalah mengunjungi danau Tonle atau Floating Village. Berlayar menyusuri sungai ini membuat anda bisa menyaksikan kehidupan masyarakat Kamboja di Floating Village lebih dekat. Anda bisa sewa boat atau perahu atau untuk menyusuri sungai di Tonle Sap. Untuk sampai di Tonle Sap anda harus menyewa kendaraan (ojek, tuk-tuk, mobil) dari Siem Reap menuju Kampong Pluk, sampai di sana sewa boat untuk menyusuri sungai dan melihat Floating Village, biaya sewa boat usd 15 - 20 per orang, memang cukup mahal tapi anda akan mendapat pengalaman yang berbeda saat berada di Floating Village.

Sihanoukville
Destinasi utama ke-2 dari panduan wisata Kamboja adalah mengunjungi Sihanoukville. Sihanoukville adalah kota kecil yang sangat kumuh, tetapi Sihanoukville telah benar-benar menjadi kiblat bagi para backpacker. Kenapa bisa begitu? Hal ini yang bisa menggambarkan tentang Sihanoukville:

• Pantai berpasir putih.
• Disekitarnya banyak pulau-pulau kecil yang masih sepi.
• Spot terbaik untuk melakukan olahraga diving/menyelam atau snorkling.
• Seafood/makanan laut yang luar biasa (enak dan murah).
• Nightlife/kehidupan malam yang meriah dan pastinya murah meriah.

Untuk menuju ke Sihanoukville lebih dekat dari Phnom Penh, ada beberapa pilihan transportasi, yaitu;.
1. Bus regular (Bus Capitol and Bus Sorya), waktu operasi dari Phnom Penh → Sihanoukville mulai jam 7.30 pagi - 5.30 sore, harga tiket usd 5 - 6 dengan waktu tempuh 5 jam. Dari Sihanoukville → Phnom Penh mulai jam 7.30 pagi - 5.30 sore, harga tiket dan waktu tempuh sama.
2. Mini Bus/Isuzu Elf (Giant Ibis, Meyhong Transport, Mekong Express), yang paling bagus Mekong Express tapi lebih mahal, harga tiket usd 10 - 12 sudah termasuk penjemputan di hotel (hotel pick up), waktu tempuh 4 jam, waktu operasi mulai jam 8 pagi - 5 sore, Meyhong and Giant shedule terahir hanya sampai jam 1.30 siang.
3. Taxi, waktu tempuh lebih cepat 2,5 - 3,5 jam, biaya usd 35 - 50, maksimal 5 penumpang, charten van 15 pax usd 100.

Phnom Penh
Rekomendasi panduan wisata Kamboja kelima adalah mengeksplorasi kota Phnom Penh. Sebagai ibukota dari negara Kamboja, kota Phnom Penh terkesan liar, tidak teratur dan terlihat kurang tertata, jalan-jalan banyak debu dan berisik, sepeda motor seenaknya dan sangat tidak nyaman bagi pejalan kaki. Tapi tentunya banyak aktifitas wisata yang bisa anda lakukan seperti mengunjungi: Silver Pagoda, musium nasional, Killing Field of Choeung Ek, musium Tuol Sleng, Russian Market, Psar Tmei, juga wisata kuliner, dll. Untuk mengexplorasi kota Phnom Penh banyak sekali pilihan, tergantung lokasi penginapan anda, bisa dengan jalan kaki, naik ojek, tuk-tuk, atau sewa mobil.

Bamboo Island
Rekomendasi panduan wisata Kamboja kedelapan adalah mengunjungi Bamboo Island. Dari pantai Sihanoukville anda bisa mengunjungi Bamboo Island (pulau Bambu). Bamboo island adalah tempat yang sangat baik untuk bersantai dan menenangkan diri, dan hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk menyeberang ke pulau ini. Di Bamboo island kehidupan masyarakatnya sangat kental dengan budaya Kamboja. Selain penduduknya sangat akrab anda juga bisa melihat dan belajar tarian tradisional Kamboja.

Kep
Rekomendasi panduan wisata Kamboja ketujuh adalah mengunjungi Kep. Kep adalah kota dengan pantai sangat indah ini, persis seperti Sihanoukville tapi bedanya di sini lebih sepi, tidak seramai Sihanoukville. Kota ini terkenal dengan kepiting dan pantainya yang indah. Tidak banyak yang bisa dilakukan di sini selain untuk bersantai, wisata kuliner, dan istirahat. Anda tidak akan menemui tempat hiburan malam di sini. Untuk menuju Kep anda bisa naik bus regular dengan tiket sekitar usd 5, mini bus usd 8 termasuk penjemputan di hotel, atau taxi usd 30 - 45. Biasanya bus atau mini bus tujuan akhirnya ke Kampot (lihat peta di atas), kota yang mirip juga dengan Kep, antara Kampot dan Kep jaraknya sekitar 25 km.

Perkebunan Lada
Rekomendasi panduan wisata Kamboja ketujuh adalah mengunjungi perkebunan lada. Perkebunan lada ini terletak di luar kota diantara Kampot dan Kep, anda bisa melihatnya di peta wisata Kamboja (gambar no. 1). Jadi sebenarnya antara Sihanoukville, Kampot dan Kep jaraknya tidak begitu jauh. Wilayah di selatan Kamboja ini dipenuhi dengan perkebunan lada, dimana anda dapat mempelajari tentang sejarah rempah-rempah di Kamboja, melihat bagaimana ia tumbuh, dan mengambil atau memanennya, lada Kamboja termasuk salah satu lada terbaik di dunia. Untuk menuju perkebunan ini caranya sama dengan ke Kep atau Kampot, kalau anda sedang berada di Kep atau Kampot cukup naik tuk-tuk, ongkosnya sekitar usd 5 - 10.

The Killing Fields
Rekomendasi panduan wisata Kamboja ketiga adalah mengunjungi The Killing Field. Anda tidak bisa mengatakan sudah berwisata ke Kamboja sebelum mengunjungi The Killing Field, tempat peristiwa berdarah genosida, dimana terjadi pembunuhan massal lebih 1 juta orang ( tepatnya 1,386,734 orang menurut Yale University) oleh rezim Khmer, terjadi antara tahun 1975 - 1979 (3 tahun + 8 bulan + 2 hari). Lokasi The Killing Field sekitar 10 km dari kota Pnom Penh, anda bisa membeli paket tour atau sewa mobil untuk pergi ke sini. Setelah berkunjung ke sana pasti anda akan merasakan pengalaman yang tidak terlupakan. Untuk menuju ke The Killing Field anda bisa naik ojek, tuk-tuk, atau sewa mobil, kalau tuk-tuk biayanya sekitar usd 10 -15 untuk pulang pergi, sewa mobil sekitar usd 20 -35. Tiket masuk The Killing Field usd 6 termasuk audio tour dengan terjemahan berbagai bahasa.

Koh Kong
Rekomendasi panduan wisata Kamboja keenam adalah mengunjungi Koh Kong. Kota Koh Kong adalah sebuah kota yang terletak di dekat perbatasan Thailand di distrik gunung Cardamom. Di Koh Kong anda mempunyai 2 pilihan wisata, yaitu wisata trekking di hutan dan wisata bersantai di pantai pasir putih. Pantai Koh Kong dikatakan sebagai salah satu wisata pantai yang terbaik di Asia Tenggara. Untuk menuju ke Koh Kong anda bisa naik reguler bus dari Phnom Penh sekitar usd 7, naik mini van/travel dari Sihanoukville sekitar usd 8 - 10.

Kampong Cham
Rekomendasi panduan wisata Kamboja kesembilan adalah mengunjungi Kampung Cham. Meskipun Kampong Charm adalah kota terbesar ketiga di Kamboja, sebagian besar wisatawan atau backpacker mengabaikan Kampong Cham. Akibatnya, kota ini tidak banyak terimbas dari industri parawisata di Kamboja, jadi nuansa tua kolonial Perancis tetap terjaga di kota ini. Jika anda ingin benar-benar mengenal Kamboja, sebaiknya berkunjung ke Kampong Charm. Anda bisa melihat ruin/reruntuhan Nokor Wat dan The French Tower, dan Ko Paen Bamboo Bridge. Untuk sampai ke Kampong Cham (sekitar 114 km dari Phnom Penh) anda bisa naik regular bus (Bus Sorya and Bus GST) harga tiket usd 4,5 - 6, taxi sekitar usd 10 - 15.

Sumber: Wisata Vietnam

Message UsMessage Us
Back to top
x
Promosi dengan Kode Kupon Hari Ini
Kode Promo

Belum punya akun?

Hari ini, Diskon 5% Semua Paket Tour!

Diskon 5% per total paket. Mulai sekarang sampai akhir September.

Hei, saya siap untuk membantu Anda!