Palm Vietnam Travel

Liburan hemat ke Vietnam, Laos, Kamboja dan Myanmar

Anda memimpikan liburan sempurna?

Ciptakan perjalanan!Kode Kupon

Hari ini, Diskon 5% Semua paket!

8 Objek Wisata di Hanoi

Objek Wisata di Hanoi - Wisata Vietnam: Hanoi (Ha Noi) merupakan ibu kota sekaligus kota terbesar kedua di negara Vietnam. Secara geografis, Hanoi terletak di delta Sungai Merah (Red River), wilayah utara Vietnam. Kota ini pertama kali dibangun oleh Dinasti Nguyen pada tahun 1010 dengan nama Hue, sebagai pusat pemerintahan Dai Viet. Pada saat Perang Vietnam, Hanoi merupakan ibu kota negara Vietnam Utara. Pada saat Vietnam bersatu tahun 1975, Hanoi dijadikan sebagai ibu kota negara Vietnam. Jumlah penduduk kota ini sekitar 7,5 juta jiwa pada tahun 2015. Bandara internasional utama di Hanoi adalah Noi Bai Airport.

Apa saja landmark dan tempat wisata favorit para wisatawan di Hanoi? Berikut 8 di antaranya:

 

1. Danau Hoan Kiem

Danau Hoan Kiem, Hanoi, Vietnam

Danau Hoan Kiem, Hanoi, Vietnam

 

Danau Hoan Kiem (Ho Hoan Kiem) adalah sebuah danau yang terletak di pusat kota tua Hanoi. Dalam Bahasa Vietnam, “Ho Hoan Kiem” berarti “Danau Pedang yang Kembali”, tetapi juga sering disingkat dengan “Ho Guom” atau “Danau Pedang”. Di bagian tengah danau, terdapat sebuah pulau kecil, dan di atas pulau tersebut terdapat sebuah menara yang disebt Thap Rua (Turtle Tower). Menurut legenda setempat, sekitar tahun 1428, Kaisar Le Loi pernah berlayar di danau ini. Pada saat itu, Dewa Kura-Kura Emas (Kim Qui) tiba-tiba muncul di permukaan danau dan meminta sebuah pedang yang telah diberikan kepada sebelumnya kepada kaisar. Karena peristiwa itulah, sehingga danau ini diberi nama Hoan Kiem, serta di tengah danau dibangun menara Thap Rua. Selain memiliki nilai historis, danau Hoan Kiem dan menara Thap Rua juga memiliki panorama yang indah dan alami, sehingga menjadi objek wisata favorit para wisatawan di Hanoi.

 

2. Mausoleum Ho Chi Minh

Mausoleum Ho Chi Minh, Hanoi, Vietnam

Mausoleum Ho Chi Minh, Hanoi, Vietnam

 

Seperti namanya, Mausoleum Ho Chi Minh adalah monumen memorial untuk mengenang Ho Chi Minh, pemimpin Partai Komunis Vietnam sekaligus pendiri negara Republik Demokrat Vietnam. Mausoleum ini terletak di Ba Dinh Square, Hanoi. Di sinilah Ho Chi Minh membacakan Deklarasi Kemerdekaan negara Vietnam pada tanggal 2 September 1945. Mausoleum ini pertama kali dibangun pada tahun 1973 dan diresmikan pada tahun 1975, saat Perang Vietnam berakhir. Arsitektur mausoleum terisnpirasi dari Mausoleum Lenin yang terletak di Moskow, tetapi dengan tambahan beberapa elemen bangunan dari Vietnam. Di bagian dalam mausoleum, terdapat jasad Ho Chi Minh yang diawetkan. Di sekeliling bangunan utama, terdapat taman yang ditanami aneka macam tumbuhan dan bunga dari berbagai daerah di Vietnam.

 

3. Temple of Literature

Temple of Literature, Hanoi

Temple of Literature, Hanoi

 

Temple of Literature (Van Mieu) adalah sebuah kuil Konfusius yang terletak di Dong Da, Hanoi. Kuil ini pertama kali dibangun pada tahun 1070, pada masa kekuasaan Kaisar Ly Thanh Tong. Kuil ini merupakan salah satu dari beberapa kuil di Vietnam yang dipersembahkan untuk Konfusius, para guru, dan pelajarnya. Kompleks kuil ini memiliki luas sekitar 5,4 hektar, yang terdiri dari bangunan utama, paviliun, altar, danau, dan taman-taman. Arsitektur kuil serupa dengan kuil Qufu yang terletak di Shandong, Cina, tempat kelahiran Konfusius. Di sebelah selatan kuil ini terdapat benteng kerajaan Thang Long. Pada setiap perayaan tahun baru Vietnam, para penulis kaligrafi akan berkumpul di luar kuil dan menulis harapan-harapan dalam karakter Han. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari.

 

4. Vietnam Museum of Ethnology

Vietnam Museum of Ethnology, Hanoi

Vietnam Museum of Ethnology, Hanoi

 

Vietnam Museum of Ethnology (Bao tang Dan toc hoc Viet Nam) adalah museum etnologi (ilmu tentang suku dan bangsa) yang terletak di Distrik Cau Giay, sekitar 8 km dari pusat kota Hanoi. Museum ini pertama kali dibangun pada tahun 1987 dan resmi dibuka pada tahun 1995. Luas keseluruhan kompleks museum sekitar 1,3 hektar. Di museum ini ditampilkan berbagai macam koleksi artifak dari 54 etnis penduduk di Vietnam, termasuk di antaranya beberapa etnis minoritas, seperti suku E De yang tinggal di wilayah Central Highland. Karena keunikannya tersebut, museum ini menjadi salah satu museum seni terbaik dan objek wisata favrit para wisatawan di Vietnam. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari kecuali Senin, mulai pukul 8.30 pagi hingga pukul 5.30 sore.

 

5. West Lake

West Lake - Hanoi

West Lake - Hanoi

 

West Lake (Ho Tay) merupakan danau air tawar yang terletak di wilayah tengah Hanoi. Danau ini merupakan danau terbesar di Hanoi dengan total panjang pesisir mencapai 17 km. West Lake terbentuk dari cekungan Sungai Merah (Red River). Ada beberapa legenda yang menceritakan tentang danau ini. Ada yang menyebutkan bahwa danau ini terbentuk akibat pertempuran antara Lac Long Quan dan seekor siluman rubah berekor Sembilan. Cerita lainnya menyebutkan bahwa danau ini dulunya bernama “Foggy Lake” atau “Ho Dam Dam” karena danau ini sering dikelilingi oleh kabut. Di sekitar West Lake terdapat beberapa bangunan penting seperti Pagoda Tran, Quan Thanh Temple, dan Chu Van An High School. Di sekeliling danau ini juga terdapat berbagai taman, hotel, restoran, dan pusat entertainment.

 

6. Pagoda Tran Quoc

Pagoda Tran Quoc, Hanoi

Pagoda Tran Quoc di Hanoi

 

Pagoda Tran Quoc (Chua Tran Quoc) merupakan pagoda sekalisug kuil Budha tertua di Hanoi. Pagoda ini terletak di sebuah pulau kecil di sebelah selatan West Lake. Pagoda Tran Quoc pertama kali dibangun pada masa kekuasaan Kaisar Ly Nam Dee, antara tahun 544 hingga hingga tahun 548. Pada saat itu, pagoda ini bernama Khai Quoc dan masih terletak di tepi Sungai Merah (Red River). Pada tahun 1615, pagoda ini kemudian dipindahkan ke sebuah pulau kecil di West Lake. Pulau tersebut bernama Kim Ngu yang berarti “golden fish” atau “ikan emas”. Dengan daratan utama Hanoi, pulau ini dan Pagoda Tran Quoc dihubungkan oleh sebah jalan causeway kecil. Selain sebagai tempat ibadah, pagoda ini juga merupakan objek wisata favorit di Hanoi terutama untuk menikmati panorama matahari terbenam.

 

7. One Pillar Pagoda

One Pillar Pagoda, Hanoi

One Pillar Pagoda, Hanoi

 

Seperti namanya, One Pillar Pagoda (Chua Mot Cot) adalah kuil Budha yang dibangun di atas sebuah tiang. Kuil ini terletak di Thach Bao, Distrik Vinh Thuan, Hanoi. Selain terletak di atas satu tiang, kuil ini juga terletak di tengah kolam pada sebuah taman yang disebut Tay Cam Garden. One Pillar Pagoda pertama kali dibangun pada masa kekuasaan Kaisar Ly Thai Tong pada tahun 1049. Pada saat itu, kaisar ingin sekali memiliki seorang putra. Kemudian ia bermimpi bertemu dengan Dewa Avilokiteshvara yang sedang duduk di atas bunga teratai, dan memberinya seorang bayi laki-laki. Setelah bayi tersebut lahir, kaisar kemudian membangun kuil ini di atas sebuah tiang kayu di tengah kolam, yang menunjukkan symbol bunga teratai. Sebuah replika pagoda ini juga dibangun di Distrik Thu Duc, Ho Chi Minh City.

 

8. Hanoi Opera House

Hanoi Opera House, Hanoi

Hanoi Opera House, Hanoi

 

Hanoi Opera House (Nha hat Ion Ha Noi/ Opéra de Hanoi) adalah teater atau gedung opera yang terletak di Trang Tien, pusat kota Hanoi. Gedung opera ini pertama kali dibangun pada masa Kolonial Prancis di tahun 1901, dan selesai pada tahun 1911. Arsitektur gedung terinspirasi dari arsitektur Palais Garnier yang merupakan salah satu gedung opera tertua di Paris, Prancis. Setelah masa Kolonial Prancis berakhir, gedung opera ini sempat beberapa kali digunakan untuk kegiatan politik bahkan pertempuran. Gedung opera ini memiliki kapasitas hingga 598 orang. Berbagai opera dan pertnjukan musik sering diadakan di opera ini, termasuk National Ballet. Gedung opera yang serupa tetapi dengan ukuran yang lebih kecil juga dibangun di Ho Chi Minh City, yang dikenal dengan nama Saigon Opera House.

Wisata Vietnam - Posted by Para Fin

Message UsMessage Us
Back to top
x
Promosi dengan Kode Kupon Hari Ini
Kode Promo

Belum punya akun?

Hari ini, Diskon 5% Semua Paket Tour!

Diskon 5% per total paket. Mulai sekarang sampai akhir September.

Hei, saya siap untuk membantu Anda!